RSS

Cara Mencangkok


Perkembangan Vegetatif Secara Buatan
Perkembangbiakan vegetatif secara buatan adalah perkembangbiakan vegetatif yang sengaja dilakukan atau dibuat oleh manusia. Perkembangbiakan ini tidak terjadi dengan sendirinya.
Perkembangbiakan vegetatif secara buatan sering dilakukan untuk menghasilkan individu baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Selain itu, dengan perkembangbiakan vegetatif akan lebih cepat diperoleh hasil. Beberapa cara perkembangbiakan vegetatif secara buatan adalah mencangkok, menempel, menyambung, merunduk, dan setek.

Mencangkok                                                    
Berbagai macam pohon buah-buahan lazim dikembangbiakkan dengan mencangkok, misalnya mangga, jambu, dan belimbing. Dengan mencangkok, rasa dan hasil yang diperoleh akan sama dengan induknya. Misalnya, bila induk berbuah lebat dan manis maka tanaman hasil cangkokan juga akan berbuah lebat dan manis.

Gambar 1
Hal-hal yang perlu kamu ingat dalam membuat cangkokan adalah sebagai berikut.
       a. Pilihlah tanaman yang sudah pernah berbuah dan hasil sudah baik.
     b.  Membuang kulit cabang pada bagian yang akan dicangkok. Tujuannya   adalah agar pengangkutan dari dahan tersebut ke bagian lain terputus.
     c.  Membuang kambium pada batang. Jika kambium tidak dibuang, akan terbentuk kulit baru dan cangkokan gagal.
Cangkokan dibuat pada cabang batang yang tidak terlalu besar, kira-kira bergaris tengah 2,5 cm. Tidak jauh dari pangkal dahan, kulit batang dibuang menurut lingkaran batang sepanjang kira-kira 10 cm. Kambium dikikis dan di bersihkan dengan pisau. Setelah terasa tidak licin, bagian kayu tsb kemudian dicuci dengan air bersih lalu bagian yang terbuka  ditutup dengan tanah lembab. Kemudian tanah penutup itu dibungkus dengan ijuk, sabut kelapa atau plastik yang berpori-pori dan diikat di kedua ujungnya. Tanah penutup itu harus mengandung banyak humus dan lempung serta disiram secara teratur sekali 2 hari.

Gambar 2

Cangkokan akan berhasil bila tumbuh akar pada bagian diatas luka sepanjang 10 cm. Apa bila akar sudah cukup banyak, dahan dapat dipotong kemudian ditanam pada tempat penyemaian.

Catatan
     1. Mencangkok pada satu pohon bisa dilakukan sebanyak 3 dahan atau lebih.
    2. Mencangkok tidak harus didahan di ujung batang hingga ranting pohon juga bisa dilakukan.
     3. Mencangkok gunakanlah tanah yang mengandung banyak humus dan lempung usahakan tanah diaduk seperti semen yakni menggunakan campuran air hingga menjadi adonan tanah.
    4. Melakukan penyiram 1 x dalam 3 hari pada saat musim hujan Jika pada musim kemarau 1 x dalam 2 hari.
    5. Melakukan pengecekan akar pada bulan ke 2. Jika belum tumbuh silahkan Lihat Cara mengatasi kegagalan dalam mencangkok.
6.                                                                                                                    6.  Setelah dahan dipotong tanamlah pada Pot atau polybag dan letakkan pada tempat teduh lakukan penyiram rutin hingga akar kuat dan siap pada kondisi tanah yang gersang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apycom jQuery Menus